Rabu, 07 Januari 2015

SISI LAIN FACEBOOK

sumber, google.com
Seperti yang telah diketahui bahwa facebook adalah sebuah aplikasi yang sudah sangat tidak asing, terutama buat kaum muda jaman sekarang. Mudahnya cara menggunakan facebook tersebut hingga hampir semua orang memiliki akun facebook. Akun yang dimiliknya pun tidak hanya satu, satu orang bisa memiliki akun facebook sebanyak 2 atau 3 sampai 4 akun. Tentunya akun-akun tersebut dengan nama yang berbeda namun satu orang yang menjalankannya.
Fitur yang di tawarkannya pun juga cukup menarik, dan yang paling menarik adalah group facebook. Apa si sebenarnya group facebook tersebut? Ya, group facebook adalah sebuah fitur yang dijalankan oleh seorang admin untuk mengontrol setiap jalannya group tersebut. Semua orang yang memiliki akun facebook dapat bergabung menjadi anggota group jika seorang admin tersebut mengundang akun pengguna facebook untuk bergabung. Dan setelah di konfirmasi barulah pengguna facebook dapat bergabung dan bertukar informasi dalam group yang di ikutinya.
Cara kerja sebuah group dalam facebook bisa di bilang sangat mudah, semua anggota group bebas memposting dan juga menuliskan apa saja ke dalam group. Dan semua anggota group pun bisa menuliskan komentar disetiap postingan yang di kirim. Wajar saja jika sebuah group terlihat ramai, karena biasanya didalam satu group itu berisikan anggota-anggota yang sejalan, sepemikir atau bisa di bilang satu arah. Misalnya saja penggemar K-Pop, maka anggota group yang ada didalamnya juga pecinta K-Pop. Lain halnya dengan group mata kuliah bahas inggris, jadi yang masuk ke dalam group tersebut hanya mahasiswa yang mengambil mata kuliah bahasa inggris saja. Meskipun semua orang bisa masuk tapi tetap saja akan terasa berbeda jika orang itu tidak ada kepentingan dalam group akan berasa mengganggu.
Masa aktif sebuah group tidak pernah ada matinya, meski jarang dibuka pun group dalam facebook akan tetap aktif. Group seperti ini lebih memudahkan anggota nya untuk memberikan dan memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu bertatap muka secara langsung, hanya cukup bermodalkan alat komunikasi dengan sambungan internet, seperti Hand Phone, Laptop , Komputer atau alat lainnya. Akses yang mudah pun membuat pengguna group facebook semakin ramai, dimana saja kapan saja pengguna group facebook dapat mempergunakannya. Karena didalam group tersebut sudah seperti bertatap muka. Semuanya bisa memberikan obrolan tentunya dengan tulisan.
Lalu bagaimana pengaruh group facebook ini jika diteliti dengan menggunakan teori stage of cange model. Sebuah group facebook akan memberikan pembelajaran yang mungkin bisa memberikan dampak negative dan positif bagi anggota group. Semua anggota group menjadi lebih kurang bersosialisasi secara langsung, karena jarang tatap muka. Perlahan namun pasti sikap dan perilaku ini akan mendarah daging pada diri manusia, karena kebiasaan ini secara terus menerus dilakukan oleh manusia dengan alasan sudah tidak mengeluarkan biaya transportasi dan lain sebagainya. Jika dibandingkan dengan bertemu secara langsung. 
Stage of change model adalah suatu teori perubahan perilaku yang didasarkan pada suatu kegiatan pembelajaran manusia. Perubahan manusia dalam teori ini dapat terjadi setiap waktu sesuai dengan proses belajar yang dialaminya. Tiga unsur pokok yang saling bersangkutan dalam teori ini adalah masukan, proses dan keluaran. Faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku ini adalah faktor internal, yakni karakteristik seseorang yang bersifat bawaan ( tingkat kecerdasan, emosional, jenis kelamin dan sebaginya). Sedangkan faktor eksternal adalah lingkungan, baik lingkungan fisik, lingkungan ekonomi, politik dan sebagainya. 
Sumber, Gooogle.com
 Setiap orang yang menerima atau melakukan suatu kegiatan secara langsung dan terus menerus, maka secara tidak langsung juga orang tersebut sedang melakukan proses masukan. Perlahan namun pasti masukan itu akan masuk kedalam otak hingga ketika tidak melakukan sekejab saja, maka rasanya akan menjadi aneh. Kegiatan ini ya seperti yang sudah dijealaskan diatas, bahwa pengguanaan facebook yang secara terus menerus. Prosesnya yang dilakukan setiap saat ini akan menjadikan suatu keluaran yang ketika tidak melakukan atau membuka facebook akan mendapatkan rasa yang aneh dan berasa ada yang kurang dalam hidupnya.
Sedangkan dampak positifnya adalah, manusia menjadi lebih terampil dalam menggunakan fasilitas yang ada. Lebih memudahkan manusia untuk menyebarkan informasi tanpa harus jauh-jauh bertatap muka. Namun bagi anggota yang tidak update atau jarang membuka pasti anggota tersebut akan ketinggalan berita atau informasi yang di siarkan dalam group. Karena tidak ada kadaluarsanya juga, setiap berita yang di post dalam group bisa tetap di lihat sebulan kemudian atau lebih. Sehingga ini juga menjadi point plus kenapa group facebook sangat di perlukan oleh manusia jaman sekarang.
Tidak dipungkiri memang semakin kesini jaman semakin canggih, banyak aplikasi yang keluar dengan fasilitas yang berbeda-beda. Setiap orang berhak memiliki setiap aplikasi yang diperlukannya sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan alat yang dimilikinya untuk menampung aplikasi-aplikasi tersebut. Tidak adanya batasan setiap manusia maksimal bisa menggunakan berapa aplikasi membuat manusia jaman sekarang juga menjadi manusia canggih. Namun dengan adanya aplikasi-aplikasi baru ini juga menjadikan manusia menjadi generasi merunduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar