Rabu, 17 Desember 2014

Reza Bersama Aurora

 AKU DAN SISI LAINKU
 

MY Management adalah suatu management dance yang dinaungi oleh 6 group dance yang berada di Yogyakarta. Dari masing-masing group memiliki karakter yang berbeda-beda. Dance yang Management ini ikuti adalah merupakan dance cover, yakni gerakan dance yang meniru dengan gerakan yang ada. Dan khususnya disini adalah berkiblat pada korea. Mereka para member yang berada dalam group ini juga harus bisa bermain ekspresi serta menghafal lirik lagu dari yang di cover, jadi ketika berada di atas panggung selain harus menggoyangkan tubuhnya sesuai irama musik, mereka juga harus lipsing layaknya seorang artis yang sudah terkenal.

Suatu hari salah satu group MY Management membutuhkan 1 member untuk bergabung di dalam group tersebut, hingga dari Management membuka audisi member baru. Dari sekian orang yang mendaftar, akhirnya terpilihlah seorang cowo yang kemudian bergabung kedalam MY Managemet. Setelah berkenalan akhirnya kita tahu dia bernama Reza, salah satu Mahasiswa di Universitas Swasta di kota Yogyakarta. Reza bergabung kedalam MY Management yang kemudian masuk di group Aurora. Sebelum bergabung  kedalam Aurora ini, Reza juga sudah ikut di dalam group modern dance dengan semua genre masuk kedalam dance tersebut. “ Dulu sebelum di Aurora aku di moderen dance, tapi capek kita harus mengeluarkan tenaga ekstra untnuk mendapatkan hasil yang maksimal, ga kaya di Aurora, kalo di Aurora kan yang penting gerakan dance kita semua rapi aja udah cukup, apa lagi gerakan kita cewek gak ada capek-capeknya lah, ahhahaha.” Curhatnya saat ditanya akan pengalaman dance di group sbelumnya.
Dengan gaya dandan cowok, perokok juga namun gaya itu semua akan  berubah drastis ketika reza  berada di atas panggung. Reza berubah menjadi seorang wanita cantik dengan badan besar cowoknya itu. Dengan rambut palsunya yang terpasang diatas kepalanya Reza mulai meliuk-liukan seluruh anggota tubuhnya. Bersama teman-teman segroupnya Reza adalah seorang cowo sendiri yang berada diatas panggung, dan kemudian mulai memamerkan betapa lenturnya tubuhnya saat irama musik mulai diputar.
Tidak sedikit juga orang yang menertawakan Reza, namun Reza tidak pernah memperdulikannya , terbukti dengan rasa Percaya Dirinya yang tinggi Reza bersama teman satu groupnya berhasil memikat dewan juri dan mendapatkan juara 1 diacara kompetisi dance Korean Days Universitas Sanata Dharma. Dan kebetulan juga di acara tersebut adalah dance pertama mereka yang diperkenalkan oleh MY management kepada para K-Poppers yang ada di Yogyakarta. Dan setelah itu akhirnya nama Reza dan groupnya dikenal oleh K-Poppers Yogyakarta.
Tidak hanya dengan rambut palsunya yang panjang melekat di atas kepala reza, tapi untuk menambah keyakinan penonton bahwa Reza itu adalah cewek, salah satu teman groupnya Reni namanya meminjamkan BH yang dia punya kepada Reza, dan BH tersebut adalah BH satu-satunya yang reza punya pemberian dari Reni. Dengan dandanan yang seperti itu ketika diatas panggung, tidak pernah menghalangi hobby reza untuk tetap ikut dance. Karna diakuinya dance adalah hobby dia sejak lahir, dia juga tidak memperdulikan cemooh han yang dilontarkan oleh teman-teman kampusnya.
Reza tidak sendiri, dalam MY Management ada 2 group yang berisikan laki-laki namun dance yang mereka bawa adalah dance cewek. Mereka tidak pernah membayangkan akan menjadi seperti ini, mereka hanya ingin menambah pengalaman dalam bidang dance sesuai dengan hobby yang mereka miliki. Namun sesuai dengan perkembangan jaman, memang dance yang seperti inilah yang sedang laku di pasaran, buktinya banyak juga fans cewe yang mengidolakan Reza dan teman-temannya. Fans mereka sering kali meminta waktu sebentar untuk sekedar berfoto, bahkan sering sekali terjadi kejar-kejaran setelah manggung. Reza dan teman-temannya sudah menjadi artis cover K-POP yang mempunyai fans banyak. Dan mereka juga tidak pernah sombong dengan para fansnya, karena tanpa fansnya pun mereka juga tidak akan setenar. Fans-fans itu sering sekali memberikan teriakan-teriakan dukungan kepada Reza saat tampil, bahkan ada yang memvideokannya, sampai-sampai video itu di upload ke dalam youtube oleh fansnya Reza itu. Maka dari itu Reza selalu ramah dengan para penggemarnya. Namun di balik itu semua ketika kembali kedunia yang sesungguhnya Reza dan teman-teman nya adalah lelaki sesungguhnya pakaian yang di kenakannyapun juga pakaian laki-laki pada umumnya.
Reza/ Eza/ Eca dalam Teaser Bersama AURORA


Dance adalah salah satu cara yang dilakukan reza dan teman-temannya untuk menghilangkan rasa jenuh dan stressnya di balik tugas kampus yang menumpuk. “ketika kami berkumpul kami serasa memiliki dunia kedua didalam hidup kami”, ujar reza saat berlatih. Mungkin bagi sebagian orang yang melihatnya ini adalah kegiatan gila yang juga sekaligus memalukan dirinya sendiri, memalukan kaum Adam yang tidak semestinya menggunakan BH, berdandan kecewek-cewekan, atau bahkan menggunakan rambut palsu. Namun mereka tidak pernah peduli dengan hal-hal seperti itu, itu sudah menjadi hal yang sangat biasa mereka dapatkan, tidak hanya satu atau dua orang, ratusan orang mungkin pernah mencomooh kami dengan sebutan banci lah, bencong, ataupun waria. Namun apa dikata ini adalah hobby mereka, selain untuk menyalurkan hobby kegiatan ini juga sedikit untuk menambah kantong mereka menjadi terisi kembali saat sudah mulai kosong. Karena sering sekali banyak Universitas di Yogyakarta yang menyewa kami untuk sekedar mengisi acara kampus mereka.  Sebelum menampakan pada penonton, Reza merubah tampilan kelelakian dia menjadi seorang wanita yang anggun. Pertama Reza di make up wajahnya oleh seorang temannya, dan setelah itu baru dilanjut memakai BH, rambut palsu serta pakaian wanita yang telah di siapkan. Baru setelah semuanya siap, kemudian Reza dan teman-temannya naik keatas panggung untuk beraksi dihadapan penoton. Dari pertama masukpun Reza telah ditertawakan oleh penonton, dan sampai akhir dancenya pun masih ada yang tertawa. Namun di balik itu semua Reza hanya menghibur, dan banyak penonton yang terhibur dengan penampilan Reza.
Sebenarnya jika difikir kegiatan Reza yang merubah dirinya menjadi seorang Wanita ini adalah kegiatan pelecehan bagi kaum Adam. Namun selama ini juga tidak ada yang menegor akan perbuatan Reza, mungkin karena orang tuanya Reza tidak mengerti yang sebenarnya karena orang tua reza tahunya Reza hanya mengikuti dance, dan tidak sampai merubah penampilan kelakiannya. Dan semakin lama juga dance ini akan merubah kebudayaan yang sudah ada, karena  dance yang Reza jalani adalah pure meniru dance korea yang akhir-akhir ini memang marak di kalangan remaja tentunya. 
Reza/ Eza/ Eca After Perfome


Kegiatan ini memang tidak ada yang salah, Reza dan semua teman-temannya tidak bisa di salahkan, karena ini adalah merupakan hobi mereka yang kemudian mereka tampilkan kepada masyarakat. Media yang memberikan informasi atau menayangkan boy dan girl band korea lalu Reza dan temannya menyukainya dan setelah itu mereka mencoba untuk meniru gaya mereka saja. Tapi buktinya kegiatan ini banyak di dukung oleh penggemar K-POP Yogyakarta, bahkan sampai terbentuk keluarga K-POP Yogyakarta, yang baru saja melangsungkan acara bersama seluruh keluarga besar K-POP Yogyakarta di RRI Yogyakarta desember 2013 lalu. Hanya saja K-POP ini belum mempunyai wadah untuk mengembangkan bakat mereka lagi, memang ini tidak mendukung kegiatan pemerintah tapi setidaknya jika pemerintah memberikan wadah atau tempat kepada mereka, tidak menutup kemungkinan anak bangsa Indonesia akan lebih bisa memberikan kebanggaan bagi Indonesia dengan tarian Dance yang dimiliki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar